Andico, Riki Jufri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat denga Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) di kelas IV SDN 03 Sungaitarab Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIKI_JUFRI_ANDICO_ 56733_4089_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIKI_JUFRI_ANDICO_ 56733_4089_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIKI_JUFRI_ANDICO_ 56733_4089_2012.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan hasil ulangan harian belajar penjumlahan bilangan bulat nilai yang di capai siswa di bawah standar KKM yang di tetapkan sekolah yaitu 50, sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah adalah 69. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru perlu menggunakan pendekatan CTL. Adapun tujuan memakai pendekatan CTL ini adalah untuk peningkatan perencanaan, pelaksanaan, dan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan di kelas IV SDN 03 Sungaitarab Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 26 orang. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap kali pertemuan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada Pertemuan I adalah 76,15, Pertemuan II dengan ratarata nilai siswa mencapai 83,84. Sedangkan pada siklus II, Pertemuan I nilai rata-rata siswa adalah 86,34, dan Pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat lagi dengan rata-rata 90,38. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar Penjumlahan Bilangan Bulat siswa pada kelas IV SD Negeri 03 Sungaitarab Kabupaten Tanah Datar. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui Pendekatan CTL dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18256 |