Sari, Hamida (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Cooperative Learning Model Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HAMIDA SARI_04324_4635_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HAMIDA SARI_04324_4635_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HAMIDA SARI_04324_4635_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning model Think Pair Share (TPS) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus I pertemuan I yaitu 85,71% ke siklus II pertemuan II menjadi 96,42%. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,71%. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga mengalami peningkatan dilihat dari persentase perolehan, dari siklus I pertemuan I yatu 70% ke siklus II pertemuan II menjadi 90%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 20%. sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I yaitu 66,66% ke siklus II pertemuan II menjadi 93,33%, dan mengalami peningkatan sebesar 26,67%. Berdasarkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor perolehan juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I hanya 75,24 meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 86,00. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,76. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18254 |