Putra, Rikhi Badra Jaya (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri Dikelas V SDN 05 Muara Kandis Kec.Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIKHI_BADRA_JAYA_PUTRA_57069_900_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIKHI_BADRA_JAYA_PUTRA_57069_900_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIKHI_BADRA_JAYA_PUTRA_57069_900_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD 05 Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan bahwa dalam proses pembelajaran cendrung di dominasi guru.Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa tidak aktif sehingga hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan dengan menggunakan pendekatan Inkuiri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK).penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif.subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa.Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi,dan tes. Penelitian dilaksanakan atas dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuaan. Hasil penelitian siklus I Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Memperoleh skor 73,3% kategori cukup,meningkat pada Siklus II menjadi 78,55% kategori baik.Hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri pada aspek guru Siklus I memperoleh skor 77% kategori cukup,meningkat pada siklus II memperoleh nilai 83,25 kategori baik.Penilaian pada aspek siswa siklus I memperoleh nilai 79,15% kategori cukup,meningkat pada siklus II memperoleh nilai 87,3% kategori baik.Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I yaitu 73,95% kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 77,83% kategori baik, penilaian aspek afektif siklus I 70% kategori cukup meningkat pada siklus II 81,80% kategori baik, dan penilaian psikomotor siklus I 73,23% kategori cukup meningkat pada disiklus II 82,58% kategori baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 05 Muara Kandis Kec.Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18244 |