Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD N 02 Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Weli, Citra (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD N 02 Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_CITRA_WELI_58268_2691_2013.pdf] Text
final_B1_6_CITRA_WELI_58268_2691_2013.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa di kelas III SD Negeri 02 Tanjung Balik sehingga ketuntasan belajar dalam menulis puisi yang diinginkan belum tercapai. Rendahnya keterampilan menulis puisi siswa disebabkan karena siswa belum terbiasa menulis, sulit untuk berimajinasi, belum mampu untuk mengungkapkan ide atau gagasan dalam penulisan, serta pilihan kata yang belum tepat. Siswa merasa kegiatan menulis merupakan tugas sulit yang harus dikerjakan, karena siswa tidak tahu bagaimana cara menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pada tahap pramenulis, menulis, dan pasca menulis. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan Media Gambar. Subjek penelitian merupakan guru dan siswa kelas III SD N 02 Tanjung Balik. Menggunakan analisis data kulitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap pramenulis nilai rata-rata 61, tahap menulis nilai rata-rata 67, dan tahap pascapenulisan nilai rata-rata 60. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan yaitu pada tahap pramenulis nilai rata-rata 88, tahap menulis nilai rata-rata 90 dan tahap pascamenulis nilai rata-rata 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, media gambar, keterampilan menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:29
Last Modified: 29 Jul 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item
View Item