Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Penjaskes di SD Negeri 44 Alur Tengah Batu Bulat Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar

Idrawati, Idrawati (2011) Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Penjaskes di SD Negeri 44 Alur Tengah Batu Bulat Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_IDRAWATI_09033_1038_2012.pdf] Text
B1_01_IDRAWATI_09033_1038_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

SD Negeri 44 Alur Tengah Batu Bulat Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah
Datar adalah sekolah yang melaksanakan proses pembelajaran Penjaskes, namun
dalam kegiatan tersebut, belum berjalan sebagaimana mestinya. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang hubungan Status gizi dengan
hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian adalah 110
orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive random sampling,
didapat sampel berjumlah 28 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan
data adalah status gizi dengan perhitungan BB/U, sedangkan hasil belajar diambil
dari hasil belajar penjaskes siswa rata-rata nilai penjaskes dalam Ulangan Harian
1, 2, 3 Semester Juli-Desember 2010.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Terdapatnya
hubungan antara status gizi (X) dengan Hasil belajar (Y), ini ditandai dengan hasil
yang diperoleh yakni r hitung (0,446) dan r tabel (0,199) pada taraf signifikansi α
= 0,05. Dengan demikian status gizi pada siswa diperlukan dalam mencapai hasil
belajar yang diinginkan. Kontribusi antara status gizi dengan hasil belajar penjas,
adalah sebesar r2 x 100 % = 0,4462 x 100 % = 19,89 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:19
Last Modified: 14 Feb 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item
View Item