Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Teknik Brainstorming Di Kelas IV SDN 04 Batu Balang Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota.

Rahim, Citra Melica (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Teknik Brainstorming Di Kelas IV SDN 04 Batu Balang Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_CITRA_MELICA_RAHIM_54280_4718_2014.pdf] Text
final_B1_6_CITRA_MELICA_RAHIM_54280_4718_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kondisi pembelajaran PKn yang rendah. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung, guru belum mampu merangsang dan memotivasi siswa untuk mengemukakan pendapat atau gagasannya, serta guru yang belum mampu memaksimalkan partisipasi siswa baik yang berkemampuan tinggi, sedang maupun rendah dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih rendah. Salah satu teknik yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah teknik brainstorming. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Batu Balang Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) perencanaan siklus I dengan persentase 80% meningkat di siklus II dengan persentase 91,01, b) pelaksanaan aspek guru siklus I persentasenya 79,81 %, siklus II menjadi 93,25 % dan aspek siswa pada siklus I dengan persentase 77,85 %, dan meningkat pada siklus II menjadi 91,35 c) hasil belajar siswa siklus I persentasenya 73,41 dan siklus II meningkat menjadi 87,15. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, teknik brainstorming
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:26
Last Modified: 29 Jul 2025 04:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item
View Item