Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Proses Menulis Pada Siswa kelas V SD Negeri 03 Limbanang, Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Fadhli, Muhammad (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Proses Menulis Pada Siswa kelas V SD Negeri 03 Limbanang, Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUHAMMAD_FADHLI_83270_2254_2012.pdf] Text
final_B1_6_MUHAMMAD_FADHLI_83270_2254_2012.pdf

Download (89kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan tanggal 20 Agustus 2010 di kelas V SD Negeri 03 Limbanang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis narasi masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana dalam proses pembelajaran guru masih senang memberikan pembelajaran secara teoritis daripada keterampilan berbahasa. Sehingga membuat siswa jenuh dalam belajar dan kemampuan menulis narasi siswa masih rendah. Untuk memperbaiki keterampilan menulis narasi tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang keterampilan menulis narasi siswa melalui pendekatan proses menulis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (action research) dibidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada suatu kelas yaitu kelas V SD. Dalam pelaksanaannya penelitian ini direncanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,yang disertai dengan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan proses menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di kelas V SD Negeri 03 Limbanang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini dapat diluhat dari (1) pada tahap pra menulis diperoleh hasil yang semula hanya 6,27 meningkat menjadi 8,29; (2) pada tahap saat penulisan diperoleh yang semula hanya 7,11 meningkat menjadi 8,3 sedangkan; (3) pada tahap pasca penulisan ketuntasan belajar yang semula hanya 7,02 % meningkat menjadi 8,25 %. Dengan demikian penilitian tindakan kelas untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui pendekatan proses menulis perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Menulis Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:24
Last Modified: 29 Jul 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item
View Item