Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SDN 07 Indarung Kota Padang

Izmi, Hafzya (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SDN 07 Indarung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HAFZYA_IZMI_1204974_3769_2017.pdf] Text
final_B1_06_HAFZYA_IZMI_1204974_3769_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswapada
pembelajaran IPA terhadap materi yang dipelajari. Disebabkan guru belum
membelajarkan siswa untuk mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan
nyata siswa. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar
siswapada pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching and
Learning di kelas V SDN 07 Indarung kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Terdiri dari 2 siklus dengan 4 pertemuan.
Alur meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi
penelitian. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Subjek
penelitian guru dan siswa kelas V SDN 07 Indarung.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dapat dirincikan(a)
pelaksanaan (guru) siklus I dengan nilai 78,1% (baik) meningkat menjadi 94,8%
pada siklus II (sangat baik). (b) Pelaksanaan (siswa) siklus I dengan nilai 76,1%
(baik) meningkat menjadi 92,7% pada siklus II (sangat baik). Nilai hasil belajar
siswa siklus I adalah 75,2% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
83,7%. Dapat disimpulkan, pendekatan CTLdapat meningkatkanhasil belajar
siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 07 Indarung kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:23
Last Modified: 29 Jul 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item
View Item