Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Bermuatan Literasi Saintifik Pada Mata Pelajaran Fisika di SMAN Kota Padang

Arlim, Muhammad (2022) Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Bermuatan Literasi Saintifik Pada Mata Pelajaran Fisika di SMAN Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUHAMMAD_ARLIM_17033138_1925_2022.pdf] Text
final_B1_6_MUHAMMAD_ARLIM_17033138_1925_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abad 21, menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan tersebut terdapat beberapa faktor permasalahan yang terjadi dilapangan. Faktor pertama, siswa SMAN Kota Padang memiliki motivasi belajar yang masih rendah karena penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran fisika masih kurang. Faktor kedua, pembelajaran fisika belum dilaksanakan sesuai kebutuhan. Faktor ketiga, rendahnya literasi sains siswa Indonesia. Menindaklanjuti hal tersebut, dibutuhkannya media pembelajaran berbasis teknologi seperti multimedia interaktif bermuatan literasi saintifik. Langkah awal agar terciptanya media tersebut perlunya dilakukan analisis kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan informasi analisis kebutuhan multimedia interaktif bermuatan literasi saintifik pada mata pelajaran fisika di SMAN Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMAN Kota Padang. Teknik pengambilan sampelnya adalah Stratified Random Sampling dan teknik lotre sehingga diperoleh SMAN 2 Padang, SMAN 8 Padang dan SMAN 16 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen analisis kebutuhan siswa dan guru serta instrumen analisis gaya belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa sebesar 81% untuk semua kategori gaya belajar, dengan kategori sangat tinggi. Kebutuhan siswa terhadap multimedia interaktif bermuatan literasi saintifik sebesar 97% kategori sangat tinggi dan kebutuhan guru terhadap multimedia interaktif bermuatan literasi saintifik sebesar 100% kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya dikembangkan multimedia interaktif bermuatan literasi saintifik pada mata pelajaran fisika di SMAN Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebutuhan, Multimedia Interaktif, Literasi Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:23
Last Modified: 29 Jul 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item
View Item