Sari, Vena Mita (2017) Kontribusi Kondisi Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa SMA N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_VENA_MITA_SARI_1301097_3634_2017.pdf [thumbnail of B1_05_VENA_MITA_SARI_1301097_3634_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_VENA_MITA_SARI_1301097_3634_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kontribusi kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar seni rupa siswa SMAN 9 Padang, 2) kontribusi kondisi lingkungan sekolah terhadap hasil beajar seni rupa siswa SMAN 9 Padang, 3) kontribusi kondisi lingkungan keluarga dan kondisi lingkungan sekolah terhadap hasil belajar seni rupa siswa SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 9 Padang yang berjumlah sebanyak 805 orang siswa. Dari sekian banyak populasi maka diambil sampel penelitian sebanyak 93 orang siswa yang diambil menggunakan rumus Slovin. Alat pengumpulan data menggunakan format dari dokumentasi nilai siswa yang terdapat dalam buku guru dan data yang diperoleh dari penyebaran angket untuk mengukur dan mengetahui kontribusi kondisi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah di SMAN 9 Padang, sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket di uji validitas dan realibilitasnya. Selanjutnya diadakan analisis untuk menjawab hipotesis. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil pembelajaran seni rupa siswa SMAN 9 Padang sebesar 22,8%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar pembelajaran seni rupa siswa SMAN 9 Padang sebesar 37,9%. (3) lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar pembelajaran siswa SMAN 9 Padang dengan kontribusi yang diberikan sebesar 45% Sedangkan 55% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Lingkungan Keluarga, Kondisi Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar Pembelajaran Seni Rupa. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18181 |