Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-op co-op Di Kelas IV SDN 13 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Lestari, Siska (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-op co-op Di Kelas IV SDN 13 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_LESTARI_57134_63_2014.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_LESTARI_57134_63_2014.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada kelas IV SDN 13 Pasaman masih bersifat pasif dan pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher center), guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapat, guru kurang tepat memilih dan menggunakan berbagai model pembelajaran akibatnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Co-op co-op.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan dua siklus secara kolaboratif antara peneliti dengan observer. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing – masing siklus. Data penelian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari data hasil pengamatan RPP, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian siklus I rata – rata perencanaan RPP adalah 77%, pelaksanaan dari aspek guru 73%, dari aspek siswa 69%, dan hasil belajar siswa 66%. Sedangkan pada siklus II rata – rata perencanaan RPP adalah 96%, pelaksanaan dari aspek guru 98%, dari aspek siswa 95%, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, Cooperative Learning Tipe Co-op co-op.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:22
Last Modified: 29 Jul 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18174

Actions (login required)

View Item
View Item