: Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Model Pembelajaran Tipe Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Guguak.

Cahyadi, Vebri (2018) : Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Model Pembelajaran Tipe Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_VEBRI_CAHYADI_1302435_725_2018.pdf] Text
B1_05_VEBRI_CAHYADI_1302435_725_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 1 Guguak, masih ada siswa kelas X TAV yang memperoleh hasil belajar di bawah standar Ketuntasan Belajar (KB) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang ditetapkan sekolah yaitu ≥75. Yaitu 42,86 % siswa yang berada dibawah Ketuntasan Belajar (KB) pada X TAV 1, dan 55,56 % siswa yang berada di bawah Ketuntasan Belajar (KB) pada X TAV 2. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta model pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive dengan desain the static group comparation. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 82,23 sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 77,25 dengan perbedaan/gain sebesar 4,98. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 3,05 > 2,03, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat komparasi yang berarti terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 1 Guguak. Maka model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi nilainya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, model pembelajaran Problem Based Learning, quasy exsperiment, Hasil Belajar, Eksperimen.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:22
Last Modified: 29 Jul 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item
View Item