Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajran IPS Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 10 Pauh Kabupaten Pasaman

Mufarrid, Haffit (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajran IPS Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 10 Pauh Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HAFFIT_MUFARRID_1200642_871_2017.pdf] Text
final_B1_06_HAFFIT_MUFARRID_1200642_871_2017.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di SD Negeri 10 Pauh Kabupaten Pasaman
bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS masih rendah karena motedo
yang digunakan oleh guru masih berdasarkan ceramah serta pembelajaran siswa
yang masih pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menampilkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS di kelas VI SDN 10 Pauh.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn
pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN 10 Pauh, yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 10 Pauh, dengan jumlah siswa18
orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data penelitian
diperoleh dengan menggunakan observasi,dan evaluasi (tes dan non-tes).
Prosedur penelitian yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, (d)
tahap refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan perencanaan (a) RPP Siklus 1 diperoleh
skor 89,25 % (B) dan pada sikuls II dengan skor 92,8 % (SB), (b) Pelaksanaan
pembelajaran aspek guru, pada siklus I diperoleh skor 85,9% (B) dan pada siklus
II diperoleh skor 92,15 % (SB). Pada aspek siswa siklus I diperoleh skor 85,9%
(B). Dan pada siklus II diperoleh skor 92,15% (SB), (c) Hasil belajar ini pada
siklus I di peroleh skor 78,6 % (C) pada siklus II diperoleh skor 85,3% (B). Dapat
disimpulkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Pauh Kabupaten Pasaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:21
Last Modified: 29 Jul 2025 04:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18168

Actions (login required)

View Item
View Item