Azhari, Vatomy Marza (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Memperbaiki Sistem Penerima Televisi Siswa Kelas XI Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_VATOMY_MARZA_AZHARI_1302430_1728_2018.pdf [thumbnail of B1_05_VATOMY_MARZA_AZHARI_1302430_1728_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_VATOMY_MARZA_AZHARI_1302430_1728_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima Televisi yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 1 Koto XI Tarusan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Memperbaiki Sistem Penerima Televisi siswa kelas XI teknik audio video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Post-Test Only Control Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI TAV.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas XI TAV.2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post-test setiap pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,22 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,13. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,34> 1,693, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang positif antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima Televisi siswa kelas XI teknik audio video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Maka model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together, Pembelajaraan Langsung, Post-test Only Control Design, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18164 |