Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Anggraini, Siska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_ANGGRAINI_01377_4518_2012.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_ANGGRAINI_01377_4518_2012.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih berpusat kepada guru. Dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan dan pengalaman belajar mereka, sehingga ketuntasan belajar IPS jauh dari standar ideal ketuntasan belajar yang diharapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas serta meningkatkan hasil belajar. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 02 Indarung yang berjumlah sebanyak 41 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang guru memperoleh nilai 75% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 89,28% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 80,5% dengan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 93% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Pada aktivitas siswa yang pada siklus I memperoleh nilai 76 % dengan kualifikasi baik menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, dari rata-rata 72,46 pada siklus I meningkat menjadi 80,04 pada siklus II dengan persentase ketuntasan 95,12% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, embelajaran IPS, Pendekatan Konstruktivisme
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:20
Last Modified: 29 Jul 2025 04:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item
View Item