Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Permainan Teka Teki Silang Bergambar di Taman Kanak–Kanak Kembang Melati Pematang Panjang Sijunjung

Lismaisarti, Lismaisarti (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Permainan Teka Teki Silang Bergambar di Taman Kanak–Kanak Kembang Melati Pematang Panjang Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_LISMAISARTI_1308687_152_2017.pdf] Text
final_B1_07_LISMAISARTI_1308687_152_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pokok dari penelitian ini adalah berasal dariproses pembelajaran bahasa yang mencakup membaca, dimana kemampuan anak membaca masih rendah terutama dalam kemampuan anak membaca gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan teka teki silang bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action) yaitu suatu peneitian yang dilakukan oleh seorang guru dalam mencermati secara mendalam terhadap suatu permasalahan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan permainan teka teki silang bergambar yang bermanfaat bagi peseta didik dalam memberikan kemudahan kepada anak untuk membaca gambar. Subjek penelitian ini adalah Taman Kanak – kanak Kembang Melati pematang Panjang Sijunjung kelompok B dengan jumlah peserta didik 16 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melakukan observasi dan format hasil penelitian anak. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus yang terdidir dari siklus I dan Siklus II, hasil penelitian setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dari siklus I yang pada umumnya masih rendah dan pada siklus II mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Permainan, Teka Teki Silang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:19
Last Modified: 29 Jul 2025 04:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18158

Actions (login required)

View Item
View Item