Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang

Narsih, Lisa Revi (2019) Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_LISA_REVI_NARSIH_15022027_2510_2019.pdf] Text
final_B1_07_LISA_REVI_NARSIH_15022027_2510_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Hal ini terlihat masih ada anak yang kesulitan dalam mengenal huruf, membedakan huruf, menghubungkan huruf menjadi kata dan bahkan anak masih ada yang belum bisa menyebutkan huruf dari tulisan namanya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa keefektifan permainan pola suku kata terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentu quashi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang, dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling, yaitu kelompok B2 untuk kelas eksperimen dan kelompok kontrol B1. Masing-masing berjumlah 12 anak. teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan alat pengumpulan data digunakan lembar pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 76,04 dan SD sebesar 7,42 sedangkan kelompok kontrol adalah 68,22 dan SD sebesar 4,29. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,03100 dan t tabel sebesar 2,07387 pada taraf nyata  = 0,05 (5%) dengan dk= 22, dan nilai cohen’s d= 1,348 besar dari d=0,80. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan permainan pola suku kata efektif terhadap kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Suku Kata, Membaca Awal Anak, Taman Kanak Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:01
Last Modified: 29 Jul 2025 03:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item
View Item