Darlivie, Uutiya (2021) Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_UUTIYA_DARLIVIE_15020016_1069_2021.pdf [thumbnail of B1_05_UUTIYA_DARLIVIE_15020016_1069_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_UUTIYA_DARLIVIE_15020016_1069_2021.pdf
Download (698kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video tutorial dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media video tutorial pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperimen), data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 164 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3, pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan posttest. Jenis analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik uji beda dengan menggunakan SPSS versi 16.0 Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video tutorial dengan hasil belajar siswa tanpa media video tutorial dengan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial berpengaruh terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil Belajar, Seni Rupa. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18147 |