Pengaruh Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Berbantuan Handout Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 2 Kota Solok

Darmayanti, Siska (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Berbantuan Handout Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA DARMAWARTI_01920.pdf] Text
final_B1_6_SISKA DARMAWARTI_01920.pdf

Download (869kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dan guru yang hanya menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Kondisi inilah yang diperkirakan menyebabkan siswa tidak termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan kondisi di atas dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Reciprocal Teaching berbantuan Handout dalam pembelajaran Fisika terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Solok Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI IPA SMAN 2 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA yang terdiri atas 33 siswa dan kelas XI IPA 3 1 yang terdiri atas 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembaran tes tertulis hasil belajar untuk ranah kognitif dan lembar pengamatan/observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ” terdapat pengaruh yang berarti penerapan strategi reciprocal teaching berbantuan handout terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMAN 2 Kota Solok pada ranah kognitif dan afektif secara kuantitatif” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, strategi reciprocal teaching berbantuan handout berpengaruh secara signitifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa pada ranah kognitif dan afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Reciprocal Teaching, Berbantuan Handout, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:59
Last Modified: 29 Jul 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18146

Actions (login required)

View Item
View Item