Fitri, Ummiatul (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Berbatukan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_UMMIATUL_FITRI_1201436_1637_2016.pdf [thumbnail of B1_05_UMMIATUL_FITRI_1201436_1637_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_UMMIATUL_FITRI_1201436_1637_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran fisika belum tercapai secara optimal, disebabkan karena siswa kurang memahami materi fisika dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran fisika karena proses pembelajaran fisika yang monoton dan kurang menyenangkan. Hal ini diduga disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi serta bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat siswa untuk belajar. Oleh sebab itu dipilihlah model pembelajaran yang membuat siswa berinteraksi dengan temannya dalam memecahkan persoalan dan membuat susana pembelajaran terasa lebih menyenangkan. Yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berbantukan bahan ajar bermuatan nilai nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berbantukan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter terhadap kompetensi siswa kelas XI SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 5 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilihlah sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 5 yang masing-masing siswanya berjumlah 28 orang. Alat pengumpul data penelitian berupa lembar observasi dan penilaian diri untuk kompetensi sikap, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, serta rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t untuk ketiga kompetensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian kompetensi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi siswa kelas kontrol pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu pada kompetensi sikap (3,36) dan (3,22), kompetensi pengetahuan (79,93) dan (71,23), dan pada kompetensi keterampilan yaitu (3,42) dan (3,28). Karena kedua kelas normal dan homogen pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan maka dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh, kompetensi sikap nilai thitung = 1,994, pada kompetensi pengetahuan thitung = 4,06 dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung = 2,16. Ketiga nilai ini berada di atas nilai ttabel = 1,667 atau berada di luar penerimaan Ho. Dengan demikian hipotesis kerja diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berbantukan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter terhadap kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa kelas XI SMAN 5 Padang pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif,Tipe Jigsaw II,Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran,Bahan Ajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18139 |