Penerapan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 05 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.

Mufliati, Mufliati (2013) Penerapan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 05 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUFLIATI_57120_204_2013.pdf] Text
final_B1_6_MUFLIATI_57120_204_2013.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari kenyataan di Sekolah Dasar kelas IV SDN 05 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dalam pembelajaran IPS bahwa pembelajaran sering didomosili oleh guru. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan pembelajaran konvensional sehingga tidak dapat merangsang pengetahuan siswa. Padahal pembelajaran IPS dapat menyenangkan karena dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa mencari tahu sendiri terhadap materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan penerapan Cooperative Learning tipe GI dikelas IV SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan , pengamatan dan refleksi. Hasil penilaian RPP siklus I pertemuan 1adalah 64,3%, aspek guru adalah 62,5%, dan aspek siswa adalah 52,08% sedangkan hasil tes kognitif memperoleh rata - rata 67, aspek afektif rata - rata 58, aspek psikomotor rata - rata 7. Pada pertemuan 2 penilaian RPP 71,4%, aspek guru 71%, siswa 65% sedangkan kognitif memperoleh rata - rata 70, aspek afektif rata - rata 72 dan aspek psikomotor rata - rata 76. Kemudian hasil penilaian RPP pada siklus II pertemuan 1 adalah 78,6%, aspek guru adalah 85.4%, dan aspek siswa adalah 83,3% sedangkan hasil kognitif dengan rata - rata 72, aspek afektif dengan rata - rata 80, dan aspek psikomotor dengan rata - rata 79. Pada pertemuan 2 RPP memperoleh 92,8%, aspek guru 89,6%, dan siswa 89,6% sedangkan penilain kognitif memperoleh rata - rata 78, aspek afektif dengan rata - rata 79 dan aspek psikomotor 92.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Group Investigation (GI), Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:59
Last Modified: 29 Jul 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item
View Item