Deo, Cindy Suciana (2016) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Menggambar Ekspresif Menggunakan Metode Ekspresi Bebas di Kelas II SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_CINDY_SUCIANA_DEO_1205013_5419_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_CINDY_SUCIANA_DEO_1205013_5419_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_CINDY_SUCIANA_DEO_1205013_5419_2016.pdf
Download (618kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kreativitas menggambar ekspresif siswa masih rendah, disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariatif. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode ekspresi bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ekpresif menggunakan metode ekspresi bebas.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa di Sekolah Dasar, dengan jumlah siswa 22 orang, 12 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan, dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data pada penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan format penilaian proses serta hasil.
Hasil penelitian RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,1% (kualifikasi baik), siklus II menjadi 90,6% (kualifikasi sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran, aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata 78,1% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 89,6% (kualifikasi sangat baik), sedangkan aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76,7% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 92,8% (kualifikasi sangat baik). Penilaian kreativitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 66,8 (kualifikasi cukup) meningkat pada siklus II menjadi 78,2 (kualifikasi baik). Dapat disimpulkan bahwa metode ekspresi bebas dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ekspresif di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas siswa, menggambar ekspresif, metode ekspresi bebas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18136 |