Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Sirmalini, Sirmalini (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SIRMALINI_57098_404_2013.pdf] Text
final_B1_6_SIRMALINI_57098_404_2013.pdf

Download (716kB)

Abstract

Pembelajaran di Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) masih banyak menggunakan metode konvensional, sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Siswa memilih diam dan mendengarkan tanpa memahami pembelajaran yang disampaikan. Hasil belajar siswa sangat rendah dan belum mencapai KKM yang ditetapkan. Salah satu pedekatan yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Tujuan pembelajaran ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan konstruktivis di kelas IV SDN 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melaluui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses adalah proses pembelajaran PKn dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Peneliti bertindak sebagai praktisi. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengamatan RPP siklus I 73,21% dan siklus II 96,43%. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun, nilai yang diperoleh dari aspek penilaian guru adalah: pada siklus I 77,08 dan pada siklus II 97,92, sedangkan pada aspek penilaian siswa disiklus I 75,00 dan siklus II 97,92. (3) Penilaian yang diharapkan dengan menggunakan Pendekatan konstruktivisme telah meningkat. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 80,59 dan 90,05 pada siklus II. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas IV SDN 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivis
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:58
Last Modified: 29 Jul 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item
View Item