Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam

Yulia, Rika (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIKA_YULIA_1207388_694_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIKA_YULIA_1207388_694_2016.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Untuk mengatasi hal ini dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dengan 4 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 81,25%, pertemuan 2 memperoleh rata-rata 84,37%, serta pada siklus II memperoleh 87,5%. Hasil pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I pertemuan 1 diperoleh 71,42%, pertemuan 2 memperoleh 82,14%, serta pada siklus II menjadi 92,85%. Hasil pelaksanaan kegiatan siswa siklus I pertemuan 1 diperoleh 71,42, pada pertemuan 2 memperoleh 82,14, serta pada siklus II menjadi 92,85. Hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 69,9, kemudian pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata 75,83. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 80,11. Dengan demikian pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Numbered Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:58
Last Modified: 29 Jul 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item
View Item