Khazapi, Muamar (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas V SD Negeri 02 Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MUAMAR_KHAZAPI_93662_781_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MUAMAR_KHAZAPI_93662_781_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MUAMAR_KHAZAPI_93662_781_2012.pdf
Download (870kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 02 Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh,bahwa guru lebih mendominasi proses pembelajaran tanpa mengikut sertakan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini berdampak bagi siswa, dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif, tanpa melibatkan proses berfikirnya secara kritis untuk menemukan sendiri suatu konsep dalam pembelajaran ,siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan idenya dalam proses pembelajaran.Sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan.Untuk mengatasinya dilakukan tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Konstruktivis. Pendekatan Konstruktivis adalah suatu pendekatan yang bersifat membangun pengetahuan siswa dengan mengaitkan ilmu yang sudah ada pada siswa dengan ilmu yang baru dalam pembelajaran yang aktif untuk menemukan pengetahuan mereka sendiri sedangkan guru hanya sebagai fasilitator..Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 02 Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ,penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan dua siklusdan empat kali pertemuan,secara kolaboratif antara peneliti ( praktisi) dan guru (observer).Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti.Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu tahap perencanaan,tahap pelaksanaan,tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari siklus I kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 63% mencapai peningkatan 75%, aktivitas guru dari 68% mengalami peningkatan 72%, aktivitas siswa dari 68% mengalami peningkatan menjadi 72%,ketuntasan hasil belajar siswa dari 44% menjadi 61% .Pada Siklus II kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 84% mencapai peningkatan 96%, aktivitas guru dari 84% mengalami peningkatan 93%, aktivitas siswa dari 78% mengalami peningkatan 90%,ketuntasan hasil belajar siswa dari 79% menjadi 84% .Dengandemikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan mengunakan pendekatan Konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivis, Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18130 |