Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization Terhadap Hasil Belajar Produktif Multimedia Siswa Kelas X Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Padang Panjang

Syafaat, M (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization Terhadap Hasil Belajar Produktif Multimedia Siswa Kelas X Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_M-SYAFAAT_57627.pdf] Text
final_B1_6_M-SYAFAAT_57627.pdf

Download (238kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 2 Padang Panjang, banyaknya siswa kelas X Jurusan Multimedia yang memperoleh hasil belajar Produktif Multimedia di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah sebesar 65. 51,56% siswa yang berada dibawah KKM dan 48,44% siswa yang berada di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh antara hasil belajar menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan yang menggunakan model pengajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, dan kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan model pengajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah soal objektif sebanyak 30 butir soal. Kemudian dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization yaitu 77,1 lebih besar dibandingkan siswa yang menggunakan Model Pengajaran Langsung yaitu 70,6. Sedangkan dari hasil hipotesis di dapat t hitung 2,4 > t tabel (1,670). Dengan demikian menolak hipotesis nol atau hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa daripada model pengajaran langsung, dan secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Model Pengajaran Langsung, Kriteria Ketuntasan Minimum.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:54
Last Modified: 29 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18124

Actions (login required)

View Item
View Item