Rahmadhani, Rika (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe the Power of Two di Kelas IV SDN 14 Tiga Kampung Pauh Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIKA_RAHMADHANI_96240_1042_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIKA_RAHMADHANI_96240_1042_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIKA_RAHMADHANI_96240_1042_2014.pdf
Download (262kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dan tertarik terhadap pelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru belum mampu menciptakan agar siswa dapat berfikir kritis, aktif dalam pembelajaran, guru hanya terfokus pada target pencapaian kurikulum, guru belum mampu meningktkan potensi-potensi sosial yang harusnya bisa diaktifkan siswa dengan bekerjasama. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan model Cooperative learning Tipe The Power Of Two, karena model ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan karena berfikir berdua lebih baik dari pada satu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh melalui lembar pengamatan dan evaluasi. Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran siklus I adalah 65%. Siklus II adalah 81%. Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru siklus I adalah 68,5%.siklus II adalah 82,5%. Pada aktifitas siswa siklus I adalah 65%. Siklus II adalah 76% . Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 63,34. Siklus II diperoleh rata-rata 76,5. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe The Power Of Two di kelas IV SDN 14 Tiga Kampung Pauh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Cooperative Learning Tipe The Power Of Two |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18122 |