Hasanah, Ummi (2017) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_UMMI_HASANAH_1304880_5285_2017.pdf [thumbnail of B1_05_UMMI_HASANAH_1304880_5285_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_UMMI_HASANAH_1304880_5285_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya konsentrasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru BK di SMA N 2 Padang, kenyataannya banyak siswa yang memiliki konsentrasi belajar yang rendah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen jenis The One-Group Pre-Test Post-Tes Design. Subjek penelitian berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunkan skala konsentrasi. Analisis data menggunkan teknik analisis data deskriptif dan Uji Wilcoxon. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) konsentrasi belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori sedang, (2) setelah diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten.Berdasarkan temuan penelitian, menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya melaksanakan layanan penguasaan konten di sekolah oleh guru BK, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18114 |