Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran (PKn) di Kelas V SDN 01 Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan

Yeni, Siprima (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran (PKn) di Kelas V SDN 01 Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SIPRIMA_YENI_57040_29_2014.pdf] Text
final_B1_6_SIPRIMA_YENI_57040_29_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 01 Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan. Hal ini disebabkan karena 1) proses pembelajaran masih berpusat pada guru 2) guru kurang memvariasikan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang di ajarkan, 3) sering menyampaikan materi secara klasikal, 4) guru belum memberikan pengalaman belajar secara langsung sehingga kurang mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SDN 01 BarungBarung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran didalam kelas. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode bermain peran dilaksanakan 3 tahap yaitu: 1) persiapan dan instruksi, 2) tindakan dramatik dan diskusi, 3) evaluasi bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran rata-rata siklus I 73%, siklus II 89%, b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru rata-rata siklus I 73%, siklus II 90% sedangkan pada aspek siswa rata-rata siklus I 70%, siklus II 87%. c) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, siklus I rata-rata yang diperoleh siswa 68,0 dan meningkat pada siklus II 78,3. pada aspek afektif siklus I 66% meningkat pada siklus II menjadi 77% sedangkan pada psikomotor siklus I 65% meningkat pada sikluls II menjadi 78%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada kelas V SDN 01 Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Bermain Peran,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:52
Last Modified: 29 Jul 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18112

Actions (login required)

View Item
View Item