Kontribusi Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggunakan Perkakas Tangan Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Padang

Harianja, Lewi Ignatius (2017) Kontribusi Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggunakan Perkakas Tangan Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_LEWI_IGNATIUS_HARIANJA_14067022_554_2017.pdf] Text
final_B1_07_LEWI_IGNATIUS_HARIANJA_14067022_554_2017.pdf

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini diatar belakangi dengan kenyataan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami cara menggunakan perkakas tangan di SMKN 1 Padang, dan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi untuk belajar, serta keinginan belajar siswa rendah dan kurang terpenuhinya fasilitas bengkel yang dapat menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Perkakas Tangan Jurusan Teknik Pemesinan di SMKN 1 Padang. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian yang kuantitatif bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik pemesinan yang terdaftar di SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah probility sampling yaitu teknik yang memberikan peluang yang sama bagi seluruh anggota populasi. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini berupa penyebaran instrumen dan post-test kepada setiap responden. Instrumen disusun dalam bentuk skala likert. Sedangkan post-test dibuat langsung oleh peneliti berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar yang biasa digunakan guru bidang studi pada proses pembelajaran. Validitas dan reliabilitas angket diperoleh dengan bantuan program SPSS versi 15, diperoleh 12 item tidak valid dari 40 item dan nilai reliabilitas sebesar 0,876 sehingga angket ini reliabel digunakan. Berdasarkan hasil analisis data dan deskripsi data maka diperoleh hasil penelitian, 1) fasilitas bengkel termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 72,88%, 2) hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan termasuk dalam kategori baik yaitu 86,359%, 3) fasilitas bengkel memberikan kontribusi sebesar 55,2% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan perkakas tangan kelas X jurusan teknik pemesinan di SMK Negeri 1 Padang sedangkan 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bengkel, Perkakas Tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:49
Last Modified: 29 Jul 2025 02:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item
View Item