Nufus, Haiyatun (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 30 Cengkeh Kecamatan Lubeg Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HAIYATUN_NUFUS_1108254_209_2016.pdf [thumbnail of B1_6_HAIYATUN_NUFUS_1108254_209_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HAIYATUN_NUFUS_1108254_209_2016.pdf
Download (503kB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPS yaitu guru belum
belum menggali pengetahuan dan belum mengaitkan materi pembelajaran dengan
kehidupan sehari-hari siswa selama proses pembelajaran berlangsung.Guru
cenderung bertindak sebagai satu-satunya sumber belajar tanpa melibatkan siswa
untuk mengembangkan pola pikir siswa dari yang sempit menjadi lebih luas dan
menyuluruh dalam memandang dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam
kehidupansehari-hari. Sehinggasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta
ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS dengan menggunakan model Quantum Teaching di kelas IV
SDN 30 Cengkeh Kecamatan Lubeg Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IV SDN 30Cengkeh Kecamatan Lubeg yang terdaftar
pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari 4 langkah yaitu
perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan
siklus II dilaksanakan dengan satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan: pembelajaran dalam
a) perencanaan pada siklus I memperoleh nilai 80,35% dengan kualifikasi baik
meningkat menjadi 89,28% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, b)
pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru meningkat dari 78,75% dengan
kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 92,5% dengan kualifikasi sangat
baik pada siklus II, pada aspek siswa diperoleh rata-rata 76,25% dengan
kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 90% dengan kualifikasi sangat
baik pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa
mengalami peningkatan dari 72,2dengan kualifikasi cukup pada siklus I menjadi
85,2dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Dengan demikian, model
Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IVSDN 30
Cengkeh Kecamatan Lubeg Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18096 |