Theresia, Monica (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectually (SAVI) di Kelas V SD Negeri 01 Tanjung Paku Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MONICA_THERESIA_18081_4477_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MONICA_THERESIA_18081_4477_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MONICA_THERESIA_18081_4477_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah. Siswa kurang komunikatif dan sulit memilih pilihan kata yang santun dalam berbicara. Guru kurang menggunakan pendekatan pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual (SAVI) di Kelas V SD Negeri 01 Tanjung Paku Kota Solok pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual (SAVI). Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Tanjung Paku Kota Solok, berjumlah 22 siswa terdiri dari 14 laki- laki dan 8 perempuan. Data yang dikumpulkan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP pada siklus I mendapat nilai 64,3% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 89,3% (sangat baik). Kemudian dilihat dari pelaksanaan aspek guru pada siklus I mendapat nilai 67,5% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 90% (sangat baik), sedangkan dari aspek siswa pada siklus I mendapat nilai 72,5% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (sangat baik) . Penilaian keterampilan berbicara siswa pada siklus I mendapat nilai 66,76 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 81,73 (baik). Dengan demikian pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual (SAVI) telah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Pendekatan SAVI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18087 |