Unnisa, Mona (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Kartika 112 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MONA-UNNISA-1209061_5686_2017.pdf [thumbnail of final_B1_6_MONA-UNNISA-1209061_5686_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MONA-UNNISA-1209061_5686_2017.pdf
Download (958kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada dalam pembelajaran tematik terpadu masih terlihat pemisahan pada setiap mata pelajaran kemudian guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengindentifikasi masalah sendiri. Untuk mengatasi masalah di atas peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model discovery learning di kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari lembar obsevasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru, dan aspek siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang dengan jumlah siswa 29 orang yang dimana terdiri 14 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam RPP pada siklus I pertemuan I 77,7 % kualifikasi C, pertemuan II 83,3 % kualifikasi B. Sedangkan pada siklus II pertemuan I 88,8 % kualifikasi B, pertemuan II 97,2 % kualifkasi SB. Pelaksanaan dilihat dari pengamatan aspek guru pada siklus I pertemuan I 78,1 % kualifikasi C, pertemuan II 87,5 % kualifikasi B. Sedangkan pada siklus II pertemuan I 87,5 % kualifikasi B, pada pertemuan II 96,8 % kualifikasi SB. Pengamatan aspek siswa siklus I pertemuan I 78,1 % kualifikasi C, pertemuan II 87,5 % kuaifikasi B. Sedangkan pada siklus II pertemuan I 87,5 % kualifikasi B, pada pertemuan II 96,8 % kualifikasi SB. Dengan demikian, model discovery learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Pembelajaran Tematik Terpadu, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18075 |