Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 08 Ampang Gadang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Efni, Haida (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 08 Ampang Gadang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HAIDA_EFNI_52609_1009_2012.pdf] Text
B1_6_HAIDA_EFNI_52609_1009_2012.pdf

Download (687kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas IV SD Negeri 08 Ampang Gadang, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, didapat hasil pembelajaran IPA masih kurang memuaskan, karena masih banyak siswa yang belum menguasai kompetensi-kompetensi yang seharusnya dimiliki. Penyebab karena guru masih mengajar dengan menggunakan cara lama atau konvensional. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukanlah penelitian terhadap pembelajaran IPA dengan metode inkuiri. Dalam metode ini, siswa dituntut untuk lebih aktif mencari dan menemukan sendiri inti dari materi pelajaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) penyusunan perencanaan, (3) kegiatan pelaksanaan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa data verbal dan non verbal. Pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan dalam lima langkah yaitu: 1) Mengadakan orientasi, 2) Merumuskan masalah, 3) Merumuskan hipotesis, 4) Menguji hipotesis, 5) Merumuskan kesimpulan.
Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 08 Ampang Gadang, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman. Hasil pembelajaran siklus I dengan rata-rata nilai kognitif 62,50%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata, 77,20%, berarti terjadi peningkatan 14,76%. Nilai afektif siklus I 24%, siklus II 73,48%, terjadi peningkatan 49,48%. Nilai psikomotor rata-rata siklus I 70% sedangkan pada siklus II 96%, terjadi peningkatan 26%. Berarti nilai siswa bisa meningkat dengan menggunakan metode inkuiri, khususnya pada pembelajaran materi gaya dan faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:48
Last Modified: 30 Jul 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item
View Item