Monalisa, Monalisa (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Strategi Problem Based Learning di Kelas VI SDN 07 Supanjang Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MONALISA_11891_2170_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MONALISA_11891_2170_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MONALISA_11891_2170_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran PKn dikelas VI SDN 07 Supanjang guru tidak memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah yang dekat dengan siswa, guru hanya menjelaskan materi dan tidak meminta siswa untuk berpikir secara kritis dan kreatif, dan guru tidak mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar pembelajaran PKn kelas VI SDN 07 Supanjang dengan strategi Problem based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas VI SD dengan jumlah 16 siswa. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui observasi dan hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn menggunakan strategi Problem based Learning. Penelitian dilaksanakan II siklus, siklus I dengan 2 kali pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil perencanaan pembelajaran (penilaian RPP) siklus I pertemuan 1 yaitu 64,28% (kualifikasi cukup) dan pertemuan 2 yaitu 89,28% (kualikasi sangat baik), siklus II yaitu 96,4% (kualifikasi sangat baik). Pengamatan aspek guru siklus I pertemuan 1 yaitu 53,57% (kualifikasi kurang) dan pertemuan 2 78,57% (kualifikasi baik). siklus II yaitu 96,4% (kualifikasi sangat baik). Aspek siswa siklus I pertemuan 1 yaitu 39,28% (kualifikasi kurang) dan pertemuan 2 yaitu 71,42% (kualifikasi baik) sedangkan siklus II 89,2% (kualifikasi sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata yaitu adalah 60,89 dan pertemuan 2 adalah 72,72 sehingga rata-rata pada siklus I adalah 66.80. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 84,87.. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PKn, Strategi Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18061 |