Yayani, Venessa Voila (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas II SD Negeri 16 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_VENESSA_VOILA_YAYANI_93817_981_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_VENESSA_VOILA_YAYANI_93817_981_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_VENESSA_VOILA_YAYANI_93817_981_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas II SD Negeri 16 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran masih diajarkan secara konvensional, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak aktif, kemudian siswa diminta untuk mengerjakan latihan sesuai dengan contoh yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dengan pendekatan inkuiri.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Dan penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 16 Batipuh tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase hasil perencanaan pembelajaran siklus I yaitu 78%, siklus II 93%, hasil pelaksanaan kegiatan guru siklus I 83%, siklus II 93%, pelaksanaan kegiatan siswa siklus I 78%, siklus II 93%, serta rata-rata hasil belajar siswa siklus I dari aspek kognitif siswa 65,21, aspek afektif 66,52, aspek psikomotor 68,99, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif 89,56, aspek afektif 83,43, aspek pisikomotor 81,39. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan inkuiri pada materi perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 16 Batipuh Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Inkuiri, Matematika Sekolah Dasar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18050 |