Putri, Chika Kumala (2016) Motivasi Siswa dalam Mengikuti Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_CHIKA_KUMALA_PUTRI_1205428_5210_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_CHIKA_KUMALA_PUTRI_1205428_5210_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_CHIKA_KUMALA_PUTRI_1205428_5210_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti pengembangan diri seni tari di SMPN 25 Padang. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan dalam suatu pekerjaan dan memiliki arti penting bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya motivasi terdiri dari dua jenis, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data yang berupa angka-angka dari daftar penelitian motivasi siswa dalam mengikuti pengembangan diri seni tari, dan dijadikan dalam bentuk persentase.
Dari hasil observasi diperoleh bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pengembangan diri seni tari memiliki indikator disiplin, tanggung jawab, dan partisipasi. Siswa yang disiplin terhadap kegiatan pengembangan diri seni tari termasuk dalam kategori baik, siswa yang bertanggung jawab dalam pengembangan diri seni tari juga termasuk dalam kategori baik, dan siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan diri seni tari termasuk dalam kategori mulai baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pengembangan diri seni tari di SMPN 25 Padang tergolong dalam kategori motivasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi siswa, pengembangan diri seni tari, SMP Negeri 25 Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18048 |