Efektifitas Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research Kelas D V/C di SDLB Lima Kaum Batu Sangkar

Suswita, Deti (2013) Efektifitas Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research Kelas D V/C di SDLB Lima Kaum Batu Sangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DETI_SUSWITA_00018_579_2013.pdf] Text
B1_2_DETI_SUSWITA_00018_579_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak tunagrahita ringan yang
berkesulitan dalam membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman
yang rendah. Hal ini terlihat ketidakmampuan anak dalam menjawab pertanyaanpertanyaan dari isi teks bacaan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan efektifitas media komik dalam meningkatkan kemampuan
membaca.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode
Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A1− B− A2. Subjek penelitian
adalah anak tunagrahita ringan X kelas V/C. Penilaian dalam penelitian ini
konsisten, dari berapa benar anak menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan
dari kemampuan awal anak melalui observasi langsung. Dan penilaian disajikan
dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak tunagrahita
ringan x dalam membaca pemahaman meningkat, pada kondisi awal baseline (A1)
kemampuan membaca pemahaman anak yang dilakukan sebanyak tujuh kali
pengamatan jumlah jawaban yang benar dijawab anak sangat rendah sekali
persentasenya yaitu 20%. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak
sembilan kali pengamatan jumlah jawaban yang benar dijawab oleh anak
meningkat, anak dapat menjawab sembilan pertanyaan dengan benar melalui
menggunakan media komik persentasenya yaitu 90 %. Dan terakhir kegiatan
baseline (A2), yang dilakukan sebanyak lima kali pengamatan, setelah kegiatan
intervensi dihentikan, ternyata kemampuan membaca pemahaman anak tanpa
menggunakan media komik jumlah pertanyaan yang benar dijawab oleh anak
masih sama dengan kondisi intervensi persentasenya yaitu 90 %. Dengan
demikian terbukti dengan hipotesis yang dikemukakan bahwa media komik
efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak
tunagrahita ringan kelas D V/C di SDLB Lima Kaum Batu Sangkar. Berkaitan
dengan hasil penelitian dalam kemampuan membaca pemahaman anak
tunagrahita ringan meningkat, maka peneliti menyarankan kepada guru untuk
menggunakan media komik dalam meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Media Komik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:59
Last Modified: 29 Jul 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item
View Item