Hubungan Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa: Studi Tentang Kelas IX SMP Negeri 6 Pariaman

Handayani, Wike (2012) Hubungan Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa: Studi Tentang Kelas IX SMP Negeri 6 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIKE HANDAYANI_88054.pdf] Text
B1_5_WIKE HANDAYANI_88054.pdf

Download (331kB)

Abstract

Interaksi sosial siswa dalam kelompok teman sebaya dapatmempengaruhi motivasi belajar siswa, hal itu disebabkan karena kebutuhansiswa yang ingin diakui dan dianggap dalam kelompok, siswa bertindakhanya didasarkan atas keinginan untuk diakui dan diterima dalam kelompokteman sebaya saja, begitu juga dalam belajar, siswa giat belajar hanya ingindiakui dan dianggap oleh teman sebaya, hendaknya siswa memiliki identitasdiri atau bertindak karena benar-benar keinginan untuk memajukan dirisendiri dan mempunyai tujuan yang jelas dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksisosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IXdi SMP Negeri 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Populasi penelitianadalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Pariaman tahun pelajaran 2011/ 2012.Sampel penelitian 49 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simpelrandom sampling. data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket,data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisispersentase dan korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) interaksi sosial dalamkelompok teman sebaya siswa SMP Negeri 6 Pariaman tergolong baik yaitusebesar 16 siswa atau 32,65%. (2) motivasi belajar siswa SMP Negeri 6Pariaman tergolong cukup baik yaitu sebesar 27 siswa atau 55,10%, dan (3)dan hasil korelasi hubungan interaksi sosial dalam kelompok teman sebayadengan motivasi belajar yaitu terdapat hubungan yang signifikan antarainteraksi dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa yangmana terdapat r hitung sebesar 0,844.Mengacu pada hasil penelitian diharapkan kepada guru pembimbinguntuk dapat memanfaatkan interaksi sosial dalam kelompok teman sebayaguna memotivasi siswa dalam belajar. Karena interaksi dengan kelompokteman sebaya mampunyai pengaruh yang besar dalam perkembanganpemikiran siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI SOSIAL, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:16
Last Modified: 29 Jul 2025 02:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item
View Item