Pengaruh LKS Berbasis IDEAL Problem Solving dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kompetensi Fisika Siswa di Kelas X SMAN 3 Bukittinggi

Putri, Vebi Delia (2015) Pengaruh LKS Berbasis IDEAL Problem Solving dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kompetensi Fisika Siswa di Kelas X SMAN 3 Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_VEBI_DELIA_PUTRI_1101405_6767_2016.pdf] Text
final_B1_06_VEBI_DELIA_PUTRI_1101405_6767_2016.pdf

Download (433kB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika siswa adalah kurangnya pemahaman terhadap masalah sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah. Cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan salah satu model pembelajaran berbasis masalah yaitu IDEAL Problem Solving, dengan memadukan Pendekatan Keterampilan Proses yang dibantu dengan bahan ajar berbentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi LKS berbasis IDEAL Problem Solving dengan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap kompetensi siswa di kelas X SMAN 3 Bukittinggi .
Jenios Penelitian adalah One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa untuk tiga kelas X MIA (X MIA 4, X MIA 5 dan X MIA 6) SMAN 3 Bukittinggi yang terdaftar pada Semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diperoleh dengan menerapkan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan satu kelas eksperimen yaitu X MIA 5. Instrumen penelitian adalah format penilaian langkah-langkah pada LKS berbasis IDEAL Problem Solving dengan Pendekatan Keterampilan Proses, format penilaian diri dan teman sejawat pada aspek sikap, soal tes untuk aspek pengetahuan yang mencakup kemampuan pemecahan masalah dan rubrik penskoran pada aspek keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis IDEAL problem solving dengan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar untuk ketiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan untuk kontribusi penggunaan LKS berbasis IDEAL problem solving dengan pendekatan keterampilan proses pada , aspek sikap 76,67%. , aspek pengetahuan adalah 64,45% dan aspek keterampilan 92,16%. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis IDEAL Problem Solving dengan Pendek

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Fisika, IDEAL Problem Solving, Pendekatan Keterampilan Proses
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:58
Last Modified: 29 Jul 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item
View Item