Febriyan, Eko (2013) Peningkatan Kreatifitas Siswa dalam Menggambarkan Ilustrasi dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis pada Kelas V SD Negeri 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EKO_FEBRIYAN_96313_234_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_EKO_FEBRIYAN_96313_234_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EKO_FEBRIYAN_96313_234_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di SD 02 Percontohan Bukittinggi bahwa kreativitas menggambar ilustrasi siswa masih rendah hal ini disebabkan pembelajaran yang dilkukan guru yang belum dapat membedakan gambar ilustrasi dengan gambar ekspresi dengan benar, sehingga keterampilan menggambar ilustrasi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi di kelas V di SD 02 Percontohan Bukittinggi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Permasalahan yang harus dipecahkan adalah masalah yang berhubungan dengan prosedur pembelajaran di kelas yang diselasaikan secara lebih profesional yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperbaiki tindakan-tindakan pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 02 percontohan yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada rancangan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 68,75% dengan kualifikasi cukup sedangkan siklus II menjadi 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran rata rata aktivitas guru siklus I diperoleh 71,25% dengan kualifikasi cukup dan siklus II menjadi 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, aktivitas siswa diperoleh rata rata pada siklus I 62,5% dengan kualifikasi kurang sedangkan siklus II meningkat menjadi 87,2% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa 64,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 79,3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi di kelas V SD 02 Percontohan Bukittinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas menggambar, konstruktivisme, siswa SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18031 |