Ningsih, Berti Setya (2019) Pelaksanaan Stimulasi Motorik Halus pada Latihan Kehidupan Praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_BERTI_SETYA_NINGSIH_14022037_1198_2019.pdf [thumbnail of final_B1_07_BERTI_SETYA_NINGSIH_14022037_1198_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_BERTI_SETYA_NINGSIH_14022037_1198_2019.pdf
Download (747kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan, peneliti melihat banyak sekolah yang belum menerapkan kurikulum Montessori. Berhubungan dengan hal tersebut, peneliti melihat Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Kota Padang telah menerapkan salah satu kurikulum Montessori yaitu latihan kehidupan praktis. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Stimulaisi Motorik Halus di Taman KanakKanak Pioneer Montessori School Padang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan stimulasi motorik halus pada latihan kehidupan praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru toodler and nursery I di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan uji credebility, tranferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa pelaksanaan stimulasi motorik halus pada latihan kehidupan praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tersusun secara sistematis dan berkesinambungan. Dilihat dari perencanaan stimulasi motorik halus di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang disusun dari pmbuatan indivisual lesson plan, weekly plan dan time table. Evaluasi dilakukan untuk melihat aspek perkembangan yang telah dicapai anak didalam kegiatan stimulasi motorik halus. Pelaksanaan stimulasi motorik halus pada latihan kehidupan praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang menggunakan teknik observasi, lalu hasil karya anak dan skala pencapaian anak yang dilaporkan tiga bulan sekali pada wali murid
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi Motorik Halus, Latihan Kehidupan Praktis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18019 |