Batubara, Lailatussipah (2018) Pengaruh Media Spindle Boxes Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_LAILATUSSIPAH_BATUBARA_14022079_261_2019.pdf [thumbnail of final_B1_07_LAILATUSSIPAH_BATUBARA_14022079_261_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_LAILATUSSIPAH_BATUBARA_14022079_261_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang, peneliti menemukan fenomena bahwa kegiatan berhitung menggunakan majalah yang disediakan guru yang bersifat abstrak tanpa dikombinasikan dengan media, anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan secara urut 1-10 dengan benar dan anak belum mampu mencocokkan lambang bilangan dan benda dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Spindle Boxes Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Experimental. Teknik pengambilan sampel dengan Sampling Jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelompok eksperimen (B3) dan kelompok kontrol (B4) masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 4 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas kemudian data diolah dengan uji hipotesis untuk mengetahui perbedaan(t-test).Alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung pada anak dikelompok eksperimen (B3) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (B4), yaitu 87,5 berbanding 71,88 dan diperoleh hasil bahwa thitung sebesar 12,496 dibandingkan dengan α 0,05 (ttabel, = 2,10092) dengan derajat kebebasan dk (N1-1)+(N2-1)=18. Dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 12,496> 2,10092 maka dapat dikatakan bahwa hipotesis H0 ditolak atau H1 diterima. Dapat disimpulkan, bahwa pengaruh media spindle boxes berpengaruh signifikan dibandingkan dengan media kartu bergambar dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak di anak di Taman Kanak-kanak \Darul Falah Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung,Spindle Boxes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:11 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18012 |