Ikhsan, Khairul (2017) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Elemen Mesin Siswa SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_KHAIRUL_IKHSAN_1302453_3017_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_KHAIRUL_IKHSAN_1302453_3017_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_KHAIRUL_IKHSAN_1302453_3017_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran dilihat dari perolehan nilai aktivitas dan hasil belajar siswanya. Perolehan nilai Mekanika Teknik siswa menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Hal ini karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan pembelajaran konvensional atau metode ceramah, sehingga membatasi aktivitas belajar dan menjadikan siswa pembelajar pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TPM melalui penerapan model pembelajaran tipe jigsaw berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2017, terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa dan untuk pengukur data hasil belajar digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 60,23% dan pada siklus II adalah 81,25%. Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 63,63% dengan 14 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 81,81% dengan 18 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw berbasis problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik Elemen Mesin di kelas X TPM SMK Negeri 2 Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Problem Based Learning, Mekanika Teknik Elemen Mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:11 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18007 |