Efektivitas Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Padang

Fitri, Khairin Nissa (2022) Efektivitas Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_Khairin_Nissa_Fitri_17035102_2488_2022.pdf] Text
final_B1_07_Khairin_Nissa_Fitri_17035102_2488_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sifat keperiodikan unsur merupakan salah satu materi kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dipelajari oleh siswa kelas X di semester ganjil materi sifat keperiodikan unsur bersifat konseptual, dan prinsip, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang mampu mengarahkan siswa dalam menemukan konsep sendiri. Penelitian sebelumnya telah tersedia modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning yang telah valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode one-group pretest-posttest design dengan jenis preexperimental design. Populasi terdiri dari semua peserta didik kelas X SMAN 5 Padang tahun ajaran 2021/2022 dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran dengan kriteria soal baik. Tingkat efektivitas modul berbasis guided discovery learning dianalisis dengan uji n-gain. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai n-gain sebesar 0,87 dengan kategori tinggi. Data menunjukkan bahwa modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 5 Padang, sehingga modul ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran sifat keperiodikan unsur di kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Guided Discovery Learning, Modul, Sifat Keperiodikan Unsur, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:11
Last Modified: 29 Jul 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item
View Item