Prosedur Layanan Penambahan Guest Amenities oleh Roomboy di I Hotel Baloi Batam

Oktama, Erfa Rika (2018) Prosedur Layanan Penambahan Guest Amenities oleh Roomboy di I Hotel Baloi Batam. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ERFA_RIKA_OKTAMA_16215011_4001_2018.pdf.pdf] Text
B1_04_ERFA_RIKA_OKTAMA_16215011_4001_2018.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis proyek akhir ini berasal dari pengamatan penulis terhadap prosedur layanan penambahan guest amenities oleh roomboy di I Hotel Baloi Batam. ditemukan masalah dalam prosedur penyampaian melalui telephone operator oleh order taker kepada tamu mengenai proses layanan permintaan guest amenities, tidak memperhatikan form permintaan tamu dan tidak menanggapi prosedur pengantaran, hal tersebut belum sesuai dengan prosedur standard dari housekeeping departement di I Hotel Baloi Batam. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang prosedur layanan penambahan guest amenities oleh roomboy di I Hotel Baloi Batam. Jenis penulisan proyek akhir ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data ada berupa wawancara dan observasi terhitung dari tanggal 6 Maret 2018 sampai 30 Maret 2018 kepada 1 orang Supervisor, 1 orang Order taker, 1 orang runner, 2 orang roomboy dan 2 orang tamu I Hotel Baloi Batam. I Hotel Baloi Batam beralamat di Komplek Baloi Kusuma Indah, Batu Selicin, No. 7 Batam. Teknik analisis hotel dilakukan untuk melihat keterkaitan antara data yang diperoleh dengan teori yang ada secara kualitatif. Hasil penulisan proyek akhir ini adalah mendeskripsikan standard operasional prosedur layanan penambahan guest amenities oleh roomboy di I Hotel Baloi Batam mengcakup: 1) Prosedur permintaan tamu yaitu harus mencatat semua permintaan tamu pada log book seperti: no kamar, jenis permintaan. 2) Prosedur penyampaian melalui telephone yaitu dengan menghubungi order taker untuk menindak lanjuti permintaan tamu. 3) Prosedur pengantaran yaitu order taker harus mengantarkan barang kepada roomboy sesuai dengan yang diinginkan tamu. 4) Prosedur pencatatn dalam worksheet yaitu semua permintaan tamu telah dicatat kedalam worksheet sebagai bukti laporan permintaan.

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN PENAMBAHAN GUEST AMENITIES
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:25
Last Modified: 14 Feb 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item
View Item