Mukaffelni, Jully (2016) Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X MIPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_JULLY_MUKAFFELNI_1205730_6382_2016.pdf [thumbnail of final_B1_07_JULLY_MUKAFFELNI_1205730_6382_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_JULLY_MUKAFFELNI_1205730_6382_2016.pdf
Download (550kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk modul berbasis problem based learning pada materi hukum dasar kimia kelas X SMA/MA dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas media tersebut. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahapan pengembangan bahan ajar dikarenakan waktu dan biaya yang terbatas. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari lembar validitas dan lembar praktikalitas. Bahan ajar modul berbasis problem based learning ini divalidasi oleh 5 orang validator (tiga orang dosen kimia, satu orang guru kimia SMA 4 Padang, dan satu orang guru kimia SMAN 5 Padang) dan uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XI MIA 6 SMAN 4 Padang. Data hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula kappa cohen. Rata-rata momen kappa didapatkan adalah 0,83 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Rata-rata momen kappa didapatkan 0,80 dari guru dengan kategori kepraktisan yang tinggi dan 0,79 didapatkan dari siswa dengan kategori kepraktisan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis problem based learning pada materi hukum dasar kimia yang dihasilkan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran kimia
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Modul, Problem Based Learning, Hukum Dasar Kimia, Model 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:03 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17998 |