Ariksa, Jeri (2016) Korelasi Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Mesin Perkakas Tangan di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_Jeri_Ariksa_1102164_1292_2016.pdf [thumbnail of final_B1_07_Jeri_Ariksa_1102164_1292_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_Jeri_Ariksa_1102164_1292_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya nilai mata pelajaran Mesin Perkakas Tangan yang masih sebatas nilai KKM saja. Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau tidak terhadap pembelajaran Mesin Perkaks Tangan adalah dari kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses yang bertujuan di mana antara siswa dan guru sama-sama mengupayakan agar kegiatan pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal. Guru merupakan kunci utama yang berperan dalam meningkatkan kualitas individu walaupun sarana dan prasarana, alat bantu kurikulum dan faktor lainnya belum memadai. Dalam proses pembelajaran siswa sebagai peserta didik harus mengetahui apa yang akan dipelajari dan mengapa hal itu harus dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang proses Pembelajaran siswa kelas X SMK N 1 Padang, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Padang dan untuk mengungkap hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Angket yang disebarkan telah dilakukan uji validitas isi (content validity) dan validitas butir (construct validity) yang hasilnya disusun dalam bentuk skala Likert. Teknik analisa data yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20 dan Microsoft Office Exsel dengan persyaratan pengujian analisa yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar Mesin Perkakas Tangan siswa kelas X SMK N 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar Mesin Perkakas Tangan siswa kelas X di SMK N 1 Padang, dengan tingkat signifikan α = 0,05 dan dan 6,12 > 1,664 . Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji koefisien determinansi adalah 32,94 % jadi bisa disimpulkan hubungan antara presepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar Mesin Perkakas Tangan di SMK Negeri 1 Padang sebesar 32,94%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa, Hasil Belajar, Prersepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:03 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17994 |