Hafni, Hafni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Model Kooprative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 12 Ulak Karang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HAFNI_50754_3766_2013.pdf [thumbnail of B1_6_HAFNI_50754_3766_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HAFNI_50754_3766_2013.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas IV SD Negeri 12 Ulak
Karang Padang. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru mengajarkan
pelajaran dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab sehingga siswa
merasa bosan dan siswa lebih banyak bersifat individual akhirnya nilai siswa
banyak dibawah KKM.Tujuan penelitian secara umum adalah untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) menggunakan Model Kooprative Learning Tipe
Numbered Head Together (NHT).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan
dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) menggunakan Model Kooprative Learning Tipe
Numbered Head Together (NHT) di SD Negeri 12 Ulak Karang Padang.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Subjek
Peneliti adalah guru dan siswa SD Negeri 12 Ulak Karang Padang.
Hasil penelitian, terlihat dari perencanaan siklus I dengan rata-rata 89%
naik menjadi 96% dan pada siklus II. Hasil pengamatan pada aktifitas guru siklus
I dengan rata-rata 82% naik menjadi 96% pada siklus II pertemuan I dan aspek
siswa siklus I dengan rata-rata 85% naik menjadi 98% pada siklus II pertemuan I.
Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pada ranah kognitif, afektif dan
psikomotor adalah 69 naik menjadi 83 pada siklus II pertemuan I. Dapat
disimpulkan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head
Together (NHT) dapat meningkat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas IV SD Negeri 12 Ulak
Karang Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 00:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 00:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17981 |