Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tarusan

Putra, Afrioldi (2013) Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFRIALDI_PUTRA_94276_3389_2013.pdf] Text
final_B1_6_AFRIALDI_PUTRA_94276_3389_2013.pdf

Download (415kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tarusan, hasil belajar siswa yang rendah dan dibawah kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pada pelaksanaan mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarusan ditemukan masalah yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran (komputer dan internet) yang belum terlaksana maksimal, rendahnya daya serap siswa dalam menerima materi ajar, rendahnya partisipasi dalam bertanya, memberikan ide serta gagasan dalam proses belajar mengajar yang pasti mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi kelas XI di SMA N 1 Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional suatu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) serta bentuk hubungan yang terjadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dan hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran TIK kelas XI SMA N 1 Tarusan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Dari hasil penelitian didapat Penggunaan media pembelajaran memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap hasil belajar yakni sebesar 26%, Motivasi belajar siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yakni sebesar 40% sedangkan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar yakni sebesar 20%. Jadi dapat disimpulkan semakin maksimal penggunaan media pembelajaran dan semakin baik motivasi belajar siswa maka semakin baik pula hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:57
Last Modified: 29 Jul 2025 00:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item
View Item